Rabu, 08 Februari 2006

KERINDUAN BERSATU-BERKUMPUL IBANIC GROUPS

by Ngiuk

Ingat aku akan sejarah; di Tampun Juah hidup kita manah; ingat negeri ingat tanah; ooo orang Tampun Juah, kita berkumpul setali-sedarah.

Jam 9 malam tanggal 9 Juni lalu, 9 orang yang berasal dari suku Iban, Kantuk, Mualang, Ketungau, Suaid, berkumpul di rumah Tobias Ranggie S.H. Jl. A. Yani Pontianak. Pertemuan Tim 9 tersebut mengungkapkan keinginan yang sudah lama dirindukan yakni menghimpun kembali masyarakat Ibanic Group yang dulu pernah hidup damai-sejahtera di Temawang Tampun Juah dekat Kampung Segumun-Sekayam-Hulu-Sanggau. Di Temawang ini, orang Iban, Kantuk, Mualang, Desa, Ketungau, Suaid, Seberuang, Bugau dan beberapa sub sukunya, pernah hidup dalam sebuah rumah panjang. Namun karena diserbu oleh ‘bala tentara hantu menggunakan tai’/tinja’, mereka lari terpencar dan jadilah sub suku-sub suku di atas. Meskipun massa perpisahan itu telah berlangsung beberapa abad, mereka masih ingat cerita tentang Temawang Tampun Juah tersebut. Lagi pula sampai massa sekarang, mereka masih tetap mempunyai kesamaan bahasa, ecre-istiadat dan bentuk budaya lainnya.
Berdasarkan kesamaan bahasa, ecre, bentuk budaya lainnya serta cerita yang banyak mengacu pada Temawang Tampun Juah, maka akan direncanakan pertemuan perwakilan dan sesepuh masing-masing suku pada tanggal 10 Agustus 2003 di Pontianak (rencananya di gedung Pasifikus). Rencana pertemuan tersebut telah melalui beberapa proses persiapan sejak tanggal 9 Juni, 16 Juni, 2 Juli serta dilanjutkan pertemuan para panitia. Pertemuan ini juga telah disosialisasikan kepada masing-masing sesepuh sub suku dan mendapat dukungan positif. Ada beberapa sub suku yang belum terdata antara lain, Bugau, Banyur, Seberuang, Undup dan Sebarok. Untuk itu kami sangat mengharapkan kesediaan masing-masing perwakilan sub suku tersebut menginformasikan keberadaannya di Pontianak ke sekretariat sementara yakni Jl. 28 Oktober, Gg. Bima Sakti II, No. 29, Siantan Hulu Pontianak, Telp. 886191 (rumah Drs. P. Florus) atau kontak person: Yohanes Bambang: 08164988383, Tobias Ranggie, S.H.: 0811574609, Fredrik Kuyah: 08125780442, Elias Ngiuk: 885688.
Pada pertemuan tanggal 10 Agustus nanti, masing-masing perwakilan sub suku diharapkan hadir guna membicarakan upaya bersatu kembali masyarakat Tampun Juah; upaya penyelamatan Temawang Tampun Juah yang kini terancam oleh PETI dan HPH; serta hal lain yang sifatnya non politis (tidak berhubungan dengan masalah politik). Pertemuan ini nanti, murni bertujuan ingin berkumpul kembali kemudian membentuk sebuah gerakan solidaritas yang visi-misinya akan dibicarakan bersama.

0 komentar:

Template Design | Elque 2007 | Modifikasi by Mering